Postingan

Bacaan Dzikir Pagi Sesuai Sunnah: Arab, Latin, dan Artinya

Gambar
Bacaan Dzikir Pagi Sesuai Sunnah: Arab, Latin, dan Artinya BAGIKAN   Komentar Ilustrasi zikir pagi sesuai sunnah  Dzikir pagi merupakan bagian dari ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya. Membaca dzikir pagi dapat menjadi cara seorang muslim untuk mendekatkan diri dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Mengutip dari buku Koleksi Lengkap Dzikir Pagi Petang karya Ustadz Abdul Wahhab, waktu membaca dzikir pagi dilakukan mulai dari setelah sholat Subuh hingga terbitnya matahari atau sampai matahari meninggi saat waktu Dhuha. Allah SWT turut mengingatkan hamba-Nya untuk mengamalkan dzikir di waktu pagi, sebagaimana termaktub dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 41-42 yang berbunyi: يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا . وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلًا Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang." (Q...

jurnal refleksi modul 3.2

Modul " Pemimpin dalam pengelolaan Sumber Daya " mulai di pelajari pada 2 februari 2024 oleh CPG angkatan 8 Program Pendidikan Guru Penggerak. Sebagai pemenuhan tugas pembuatan jurnal refleksi kali ini saya menggunakan model F4 yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway (Facts, Feelings, Findings, Future) 1. Peristiwa (Facts) Pada tanggal 2 february 2024 CGP mempelajari Mulai dari diri sebagai alur awal MERDEKA dikerjakan melalui moda mandiri dengan mengingat kembali faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya. Pada sesi ini saya diwajibkan untuk memberikan respon terhadap beberapa pertanyaan untuk melihat sejauh mana pengetahuan saya sebagai peserta program tentang materi kali ini. Pada tanggal 6 february 2024 kegiatan berikutnya yakni Eksplorasi konsep memberikan kesempatan pada saya dalam melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, Pedekatan Berbasis Kekurangan dan Pende...

lokakarya guru penggerak

Gambar
  Pelaksanaan Lokakarya Pembukaan Memulai lokakarya dengan sambutan dan pengenalan peserta. Menjelaskan tujuan dan agenda lokakarya. Sesi Presentasi Menyajikan materi dengan menggunakan presentasi multimedia. Memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya dan berdiskusi. Diskusi Kelompok Membagi pesert a menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan topik-topik tertentu. Memfasilitasi diskusi dan mengumpulkan masukan dari setiap kelompok. Penutup Menyimpulkan hasil diskusi dan menyajikan rekomendasi. Memberikan kesempatan untuk pertanyaan terakhir dan ucapan penutup.

3.1.a.5.2. Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 3.1

Study Kasus  Sering sekali di sekolah negeri banyak oknum yang mengaku LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan wartawan datang menemui Kepala Sekolah untuk meminta uang sebagai partisipasi sosial dan ada juga yang memaksa berlangganan koran, sehingga ada sekolah yg berlangganan 10 koran ,kalau tidak di beri uang atau berlangganan koran mereka akan mencari cari kesalahan sekolah, kesalahan guru dan kesalahan kepala sekolah. Yang namanya kesalahan atau kekurangan kalau di cari cari ya pasti ada, secara tak langsung mengancam akan membuat berita yang merugikan sekolah. Untuk mencari aman, kepala sekolah memberikan yang mereka minta sehingga dana bos sering tidak tepat sasaran. Di satu sisi ada rasa kasihan melihat kondisi ini.

3.1.a.8. Koneksi Antarmateri - Modul 3.1 Rangkuman Koneksi antar materi

  Pendidikan adalah tindakan yang disengaja untuk mempersiapkan peserta didik melalui berbagai kegiatan seperti bimbingan, pengajaran, dan latihan, agar mereka siap untuk peran mereka di masa depan. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi individu dan membimbing mereka menuju tujuan yang diharapkan, menciptakan manusia yang berkualitas. Pengembangan potensi peserta didik bertujuan untuk membentuk karakter mereka, sehingga mereka dapat menjadi individu yang memberikan manfaat bagi diri mereka sendiri dan masyarakat sekitar. Sekolah, sebagai institusi moral, memiliki peran penting dalam membentuk budaya, nilai-nilai, dan moralitas dalam diri setiap murid. Perilaku yang diperlihatkan oleh warga sekolah dalam mengimplementasikan nilai-nilai yang dipegang oleh sekolah menjadi contoh bagi murid. Seorang pendidik harus memiliki kemampuan untuk menjadi teladan bagi murid-muridnya. Hal ini tercermin dalam tindakan sehari-hari mereka, sehingga pendidik dapat menjadi panutan bagi pes...