KULIAH KERJA LAPANGAN

BAB I
PENDAHULUAN
  1. Dasar Pemikiran
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah praktikum yang berupa kegiatan belajar yang dilakukan oleh Mahasiswa untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman nyata dari instansi, lembaga atau organisasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan dan kompetensi yang dikembangkan fakultas atau program studi yang bersifat anjuran atau pilihan.
Tujuan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) untuk meningkatkan penguasaan dan keterampilan mahasiswa fakultas tarbiyah terhadap ilmu-ilmu pendidikan yang meliputi filsafat pendidikan, manajemen pendidikan, teknologi pendidikan,  dan administrasi pendidikan menuju Guru yang memiliki berkompetensi  professional, pedagogik, personality dan sosial berhaluan ahlusunnah wal jamaah.
Kuliah kerja Lapangan (KKL) meripakan program akademik fakultas tarbiyah yang harus diikuti oleh semua mahasiswa S1 program regular maupun non regular. Secara umum program ini bertujuan  untuk memberikan pengalaman nyata dan memperluas cakrawaladalam pembentukan kompetensi pedagogic, professional, personal maupun sosial sebagai calon pendidik maupun tenaga kependidikan, sehinggamampu melaksanakan tugas-tugas kependidikan di sekolah, yang meliputi pengelolaan pembelajaran dan wawasan kependidikan secara memadai. Dengan demikian melalui kuliah kerja lapangan para mahasiswa mampu membimbing, mendorong dan membangkitkan minat dan motivasipeserta didik dalam belajardan dalam mengatasi problem hidupnya. Selain iti mahasiswa juga dapat membangun komunikasi baiksecara personal maupun sosial.
  1. Rumusan Kuliah Kerja Lapangan
  2. Bagaimana Keadaan Lokasi SMP Khadijah Surabaya?
  3. Bagaimana Aplikasi Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama di SMP Khadijah Surabaya?
  4. Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pelaksanaan Sistem Pembelajaran di SMP Khodijah Surabaya?.
  1. Tujuan dan target kuliah kerja lapangan
    1. Tujuan Kuliah Kerja Lapangan
  2. Meningkatkan penguasaan dan keterampilan Mahasiswa fakultas Tarbiyah terhadap ilmu-ilmu kependidikan yang meliputi filsafat pendidikan, manajemen pendidikan, teknologi pendidikan dan administrasi pendidikan menuju guru yang memiliki kompetensi professional, peadagogik, personality dan sosial berhaluan ahlu sunnah wal jamaah.
  3. Mahasiswa mampu mengaplikasikan semua materi yang didapatkan di bangku kuliah dalam praktek lapangan.
  4. Mahasiswa dapat menambah pengetahuan mengenai pendidikan dengan melakukan tukar wawasan dengan pengelola pendidikan dari beberapa instansi pendidikan baik tingkat dasar, menengah pertama dan menengah atas.
  5. Memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk dapat memahami keberadaan lembaga pendidikan dengan segala permasalahannya baik yang berhubungan dengan proses pembelajaran maupun pengelolaan sekolah/madrasah secara umum.
  1. Target Kuliah Kerja Lapangan
Target yang diharapkan tercapai melalui kegiatan KKL ini adalah terbentuknya pribadi mahasiswa Fakultas Tarbiyah sebagai calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, kepribadian dan sosial. Disamping keempat unsur tersebut mahasiswa juga mampu:
  1. Menguraikan materi dan kurikulum pembelajaran PAI dalam melaksanakan pengelolaan kurikulum, peningkatan kinerja guru, kreatifitas siswa, dan meningkatkan derajat partisipasi masyarakat dalam pendidikan.
  2. Mengimplementasikan prinsip dan konsep Desain Pembelajaran PAI dalam pengelolaan pendidikan dengan menerapkan planning, organizing, actuating, dan controlling.
  3. Mengaplikasikan prinsip dan konsep Metode Pembelajaran PAI dalam perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran.
  4. Menerapkan media dan alat pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI); Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadits, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
  5. Melaksanakan evaluasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengukur proses pembelajaran.
  1. Sistematika Laporan
Laporan Kuliah Kerja Lapangan di SMP Khadijah Surabaya kami susun dengan Sistematika sebagai berikut :


  1. Halaman Judul
  2. Halaman Pengesahan
  • Kata Pengantar
  1. Daftar Isi
Bab I   : Pendahuluan
  1. Dasar Pemikiran
  2. Rumusan Kuliah Kerja Lapangan
  3. Tujuan dan Target Kuliah Kerja Lapangan
  4. Manfaat Kuliah Kerja Lapangan
  5. Sistematika Laporan
BAB II            : Deskripsi Teori
  1. Materi dan Kurikulum PAI
  2. Desain Pembelajaran PAI
  3. Metode Pembelajaran PAI
  4. Media Pembelajaran PAI
  5. Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI
BAB III          : Kajian Objek KKL
  1. Data Umum
  2. Letak Geografis
  3. Visi Misi
  4. Sejarah/Historis
  5. Struktur Kurikulum
  6. Keadaan Siswa
  7. Guru dan Karyawan
  8. Kondisi Sarana Prasarana
  9. Komite Sekolah/Madrasah
  10. Data Khusus
  11. Penerapan Materi dan Kurikulum PAI
  12. Implementasi Desain Pembelajaran PAI
  13. Aplikasi Metode Pembelajaran PAI
  14. Media dan Alat Pendidikan bidang studi PAI.
  15. Pelaksanaan Teknik Evaluasi Hasil Belajar PAI
BAB IV          : Pembahasan
  1. Faktor Pendukung
  2. Faktor Penghambat
  3. Upaya Mengatasi Hambatan
BAB V            : Penutup
  1. Kesimpulan
  2. Rekomendasi
  3. Penutup











Komentar

Postingan populer dari blog ini

persembahan skrifsiku

10 pelebur dosa